Kegiatan PkM STIE Muhammadiyah Jakarta Pengembangan Lembaga Zakat Infaq Sedekah di Desa Cihanjawar, Purwakarta

Data dari BAZNAS tahun 2019 melaporkan bahwa Indonesia memiliki potensi dana zakat, infaq, sedekah (ZIS) sebesar Rp 462 triliun/tahun. Namun sayangnya, total penghimpunan zakat, termasuk juga infak dan sedekah pada tahun 2019 baru mencapai angka Rp 10,2 triliun atau masih kurang dari 3 % dari total potensi zakat infaq sedekah yang ada. Salah satu penyebab rendahnya nilai penghimpunan ZIS tersebut adalah pengelolaan lembaga ZIS yang belum akuntabilitas. Lembaga ZIS yang disebut dengan organisasi pengelola zakat banyak tersebar di Indonesia. Lembaga zakat tersebut ada yang berupa lembaga swadaya masyarakat dan ada yang dibentuk oleh perangkat pemerintah. Lembaga zakat yang dibentuk oleh perangkat pemerintah di level pedesaan diantaranya adalah Lembaga ZIS Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Institusi tersebut memiliki permasalahan pada organisasi pengelola zakat dibawah naungan perangkat desa belum bekerja secara optimal, sehingga target penghimpunan dana zakat tidak tercapai. Sementara masyarakat yang berada di wilayah desa cihanjawar tersebut memiliki potensi yang besar untuk membayar zakat, infaq, sedekah. Penyebab kondisi tersebut adalah organisasi pengelola zakat yang ada belum dijalankan secara akuntabilitas.Hal ini terlihat dari tidak ada bentuk laporan pertanggungjawaban dari organisasi pengelola zakat yang dibentuk oleh perangkat Desa Cihanjawar dalam bentuk laporan keuangan, maupun laporan dari auditor. Tim Pengabdian Masyarakat dari STIE Muhammadiyah Jakarta membina desa cihanjawar, sehingga organisasi pengelola ZIS dibawah naungan institusi desa tersebut menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

 

Nova Rini, SE, M.Si selaku dosen dan ketua kegiatan pengabdian masyarakat mengungkapkan “kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya mengadakan pelatihan, namun juga membina perangkat desa Cihanjawar yang mengelola LAZIS lebih professional dan akuntabilitas”. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 4 -5 September 2021 di kantor desa Cihanjawar. Materi yang diberikan pada acara pelatihan, berupa materi mengenai peraturan pengelolaan LAZIS yang professional dan akuntabilitas. Pemateri pelatihan adalah tokoh agama di desa Cihanjawar dengan didampingi tim pengabdian masyarakat STIE Muhammadiyah Jakarta Ibu Nova Rini, Bapak Sutar, Bapak Ahmad Darda, dan Bapak Bono Prambudi. Pelatihan ini dihadiri oleh para perangkat desa yang mengelola lembaga zakat, infaq, dan sedekah di Desa Cihanjawar.

 

Perangkat Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta yang menjadi mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini, mengungkapkan bahwa mereka sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Bentuk bantuan tim pengabdian masyarakat terhadap LAZIS Desa Cihanjawar, berupa bantuan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai pengelolaan LAZIS yang professional dan akuntabilitas. Pendampingan kepada perangkat desa yang mengelola LAZIS di Desa Cihanjawar juga merupakan bentuk bantuan tim pengabdian masyarakat STIE Muhammadiyah Jakarta.

 

__Posted on
11/09/2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *