Pelaksanaan PKM STIEMJ melakukan Pelatihan dan Pendampingan pada KPPS Sinar Barokah Muara Gembong, Kab. Bekasi

Tujuan utama membentuk suatu Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) atau Baitul Maal Tamwil (BMT) adalah untuk meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil, sebagai bagian dari upaya mengentaskan kemiskinan. Namun kelompok masyarakat yang membentuk KSPPS atau BMT tersebut selama ini berasal dari kelompok masyarakat yang mandiri tanpa dibekali konsep mengenai pengelolaan keuangan secara profesional. Khususnya BMT Sinar Barokah yang dibentuk oleh masyarakat pesisir/nelayan. BMT Sinar Barokah berada di wilayah Muara Gembong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan ini merupakan kecamatan dengan wilayah paling ujung di Kabupaten Bekasi. Sampai saat ini BMT Sinar Barokah berjalan operasional dengan 5 orang pengelola, berdiri sejak januari 2015. Permasalahan pada BMT Sinar Barokah adalah 1) Belum beroperasi secara baik dalam mengelola keuangan terutama dalam mengatur likuiditas dana; 2) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam proses pembentukan dan mengelola BMT Sinar Barokah; 3) Pengurus BMT Sinar Barokah yang ada saat ini belum memahami bagaimana proses pembentukan laporan keuangan BMT.

Dengan melihat kondisi diatas maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari STIE Muhammadiyah Jakarta, yang diketuai oleh Zaenudin, SE, M.Si dan beranggotakan Imam Suprapta, SE, MM, Pandaya, SE, MM, Dr. Peggy Ratna Marlianingrum, Spi, M.Si, dan MAS Sridjoko Darodjatun, ST, M.Si segera meluncur ke BMT/KSPPS untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Dalam Mengelola Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Sinar Barokah kepada Pengurus KSPPS Sinar Barokah.
Kehadiran Tim PKM dari STIEMJ ini bagaikan Oase di gurun pasir. Karena sangat membantu dalam mengelola dan mengembangkan BMT/KSPPS Sinar Barokah.
Kami berharap para pengurus setelah mendapatkan pelatihan dapat mengelola BMT/KSPPS menjadi lebih profesional sehingga usahanya semakin maju dan berkembang pesat.

__Posted on
24/02/2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *