STIE Muhammadiyah Jakarta (STIE MJ) Adakan Workshop Smart PLS & SPSS Secara Daring

Luckman Ibrahim – STIE MJ Press

Jakarta – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Jakarta (STIE MJ) menyelenggarakan Pelatihan / Workshop software Smart PLS & SPSS secara daring dengan menghadirkan pemateri trainer yang ahli dalam bidang olah data statistik sekaligus Penulis Buku Metodologi Penelitian Terapan dan Ketua STIE MJ, Ibu Dr. Lela Nurlaela Wati, S.E., M.M. pada hari Sabtu (09 Mei 2020) dengan pemanfaatan teknologi media Zoom.

Kegiatan pelatihan memang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh STIE MJ yang dikhusukan untuk mahasiswa tingkat akhir guna mendapatkan bekal dalam pengolahan data pada tugas akhirnya. Kegiatan diawali dengan pendafataran secara online pada brosur yang sudah diiklankan melalui wibe site https://stiemj.ac.id/id/dan medsos STIE MJ lainnya. Setelah peserta mendaftar online, peserta akan mendapatkan email yang berisi materi pelatihan dan software statistic (Versi  Trial) dan dimasukkan ke dalam WAG peserta workshop untuk mempermudah komunikasi antara panitia dengan peserta yang kesulitan dalam menginstal software statitik tersebut

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan awalnya dibatasi 100 peserta saja, dikarenakan terbatasnya kapasitas ruang daring pada media Zoom. Akan tetapi antusias peserta pelatihan sangat banyak, lebih dari 200 peserta yang mendaftar sampai dengan H-1, pesertanya pun beragam tidak hanya mahasiwa STIE MJ sendiri melainkan dari kalangan Dosen dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua. Imbuh Dr. Peggy Ratna Marlianingrum selaku penanggung jawab kegiatan yang disampaikan dalam pembukaan.

Pada pelatihan kali ini materi Smart PLS yang disampaikan adalah analisis regresi berganda dengan data primer, analisis regresi moderasi (Moderating Regression Analysis), dan analisis Structural Equation Model (SEM). Materi SPSS yang disampaikan adalah analisis uji beda, analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik, dan analisis regresi logit

Peserta sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan dan respon peserta yang menginginkan pelatihan ini diadakan kembali, tutur peserta dari Sumatera. Kegiatan pelatihan seperti ini harus sering diadakan, wabah tidak harus menjadi penghalang untuk belajar meningkatkan kemampuan pengolahan data, ujar peserta asal Sulawesi.

Pemateri pelatihan Smart PLS dan SPSS, Ibu Dr. Lela Nurlaela Wati, S.E., M.M. berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan kedepannya setelah diadakan pelatihan software ini, para peserta dapat mengolah data dan memberikan kemudahan untuk para mahasiswa tingkat akhir maupun para peneliti dalam pengolahan data atas karya ilmiahnya. Tak lupa titipan ucapan terima kasih dari para peserta dari dan luar pulau jawa untuk Panitia yang disampaikan melalu komunikasi WhatsApp pemateri, pungkasnya.

__Posted on
18/05/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *